Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan
komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas
komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya
(printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses
informasi (peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar
dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat
meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima
layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan
disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem
client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan
komputer.
Dua
buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan,
kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium
transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan
akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin
membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka
diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router,
Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.
1. Sejarah Komputer
Sejarah
jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada
tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan
komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas
Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek
tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang
harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak
membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing),
sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan
kaidah antrian. Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai
berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus
melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan
konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS
(Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan
(network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal
terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang
terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai
terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang
pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.] Departemen Pertahanan Amerika,
U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk
mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer
sehingga membentuk jaringan organik pada tahun 1969. Program riset ini
dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10
komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa
saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan pada tahun 1970
itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat
komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep
proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa
host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk
melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host
komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang
mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain
proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani
terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
Pada
tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat
elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET.
Program tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi
populer. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga
diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”.
Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar
Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan
komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan
Arpanet. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer
yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang
lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network
(Internet). Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas
Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika
Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals
and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari
100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau
network.
Tom
Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama
yang diberi nama USENET (User Network) pada tahun 1979. Tahun 1981,
France Telecom menciptakan sesuatu hal yang baru dengan meluncurkan
telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon yang juga
berhubungan dengan video link.Seiring dengan bertambahnya komputer yang
membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui
dan diterima oleh semua jaringan. Untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk
sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan
sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal hingga saat ini.
Sementara itu, di Eropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal
dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris,
Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat
elektronik dan newsgroup USENET.
Untuk
menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun
1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang
kini kita kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung dengan jaringan
yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987, jumlah komputer
yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih
Jaringan
komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang
berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet
Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang
atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan
pengiriman pesan (Chatting ). Akibatnya, setahun kemudian jumlah
komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. Tak kurang dari
100000 komputer membentuk sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990
merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang
sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai
komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan.
Programe inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web.
Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui
sejuta komputer pada tahun 1992. Dan pada tahun yang sama muncul istilah
surfing (menjelajah). Dan pada tahun 1994, situs-situs di internet
telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya
berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul
di situs. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus
tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.
2. Manfaat
Banyak
kalangan yang berpendapat bahwa saat ini adalah era informasi global,
dimana era ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Informasi
yang perangkat utamanya adalah komputer. Informasi yang bisa dilakukan
tidak hanya sekedar informasi suara atau gambar, namun informasi yang
disajikan bisa bersifat multimedia.
Kita
dapat memanfaatkan komputer dengan beragam cara mulai sebagai alat
bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu
sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan
program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, bisinis,
mengendalikan mesin industri, bahkan mengendalikan pesawat ruang
angkasa.
Tujuan
penggunaan komputer adalah agar setiap data yang diolah dapat
dihasilkan informasi yang cepat, akurat, informatif dan efisien.
- Bidang Pendidikan
Pada
dunia pendidikan termasuk di Indonesia, komputer sudah diperkenalkan
dan digunakan pada sekolah-sekolah dari pendidikan dasar sampai tingkat
perguruan tinggi. Bahkan untuk pendidikan di kota-kota besar komputer
sudah diperkenalkan sejak anak-anak masuk taman kanak-kanak atau play
group untuk bermain atau games. Selain diigunakan sebagai alat bantu
untuk pembelajaran yang interaktif, juga bisa bersifat audiovisual untuk
memudahkan proses pembelajaran itu sendiri. Komputer juga memberi
kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran secara
efektif dan efisien yaitu dengan adanya perpustakaan elektronik
(e-library). Selain itu banyak peralatan laboratorium yang dilengkapi
dengan komputer sehingga alat tersebut dapat bekerja lebih teliti dan
presisi, serta dapat mengatasi kendala hambatan indra manusia, dan bisa
digunakan sebagai simulasi.
Menurut
pendapat Robert Taylor , peranan komputer dalam pendidikan dibagi
menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL dan TUTEE. Sebagai TUTOR, komputer
berperanan sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan
komputer. Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai
CBE (Computer Based Education).
Sebagai
TOOL, komputer menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan
pembelajaran seperti konteks pengajaran berintergrasikan komputer.
Komputer juga dugunakan untuk melakukan pengolahan data proses
pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan,
beasiswa, dan sebagainya. Sebagai TUTEE komputer berperanan sebagai alat
yang diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer
yang biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Saat
ini dengan adanya jaringan global bidang teknologi informasi, komputer
juga bisa digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, antar
daerah, pulau, bahkan antar benua yaitu dengan metode teleconference.
- Bidang Industri dan Manufaktur
Di
bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk mengontrol
mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer
Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer
Aided Manufacture), CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang
bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri
atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna dalam industri metal
sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang
bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual.
Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol
komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya.
Selain
itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara
otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang
dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya
tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang
komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard komputer.
- Bidang Bisnis dan Perbankan
Di
bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat
penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil
dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.
Sistem
Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS),
merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan
yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan
besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. SIM diterapkan pada semua
tingkat atau level manajemen yang ada yaitu manajemen tingkat atas(top
management), manajemen tingkat menengah (middle management), dan
manajemen tingkat bawah (lower managementi).
Di
perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin
cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer
sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari
ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode
barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori dan sebagainya. Pada
perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung
bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan sebagainya.
Komputer
juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisa
keuangan, neraca, rugi laba, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa
software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Di
bidang perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis
kamar yang telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini sudah
masyarakat untuk penjualan pertokoan kecil, Usaha Kecil dan Menengah
(UKM), apotik dan bermacam-macam usaha kecil lainnya.
- Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer
sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan
membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia.
Ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian dan riset. Para ahli
biasanya akan mengadakan simulasi dengan komputer sebelum menguji coba
sesungguhnya dari hasil temuannya, misalnya membuat model reaktor
nuklir, membuat model-model atom dan molekul. Komputer juga bisa
digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya mempelajari
keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
Dalam
bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang
dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja
pada ruang steril. Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk
menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur
komputer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga
dimensi.
- Bidang Penerbangan dan Kemiliteran
Di
bidang penerbangan dan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol
kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat,
mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan
kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang
angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari
keadaan dan isi planet.
Dibidang
militer komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru
kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam, untuk melakukan
simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia
militer.
- Bidang Kedokteran
Di
bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong jiwa manusia,
dan riset bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosa
penyakit, menemukan obat yang tepat, menganalisa organ tubuh manusia
bagian dalam yang sulit dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial
Tomography) untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh
organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan
untuk yang bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial
Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh.
SPECT
(Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan sistem komputer
yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi partikel-partikel
tubuh yang ditampilkan dalam bentu gambar. Bentuk lain adalah PET
(Position Emission Tomography) juga merupakan sistem komputer yang
menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain itu NMR
(Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan cara
memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen.
Saat
ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis
penyakit sekaligus memberi obat. Ehud Shapiro beserta timnya dari
Institut Sains Weizmann, Rehovot, Israel, telah membuat komputer DNA
ultrakecil yang mampu mendiagnosis dan mengobati kanker tertentu.
Komponen penyusun komputer DNA adalah materi genetik yang diketahui
urutan basanya. Seperti diketahui bahwa urutan gen secara intrinsik
mempunyai kemampuan inheren untuk mengolah informasi layaknya komputer.
Oleh karena itu triliunan mesin-mesin biomolekul-yang bekerja dengan
ketepatan lebih dari 99,8% itu, dapat dikemas dalam setetes larutan.
Komputer DNA-menggunakan untai nukleotida sebagai masukan data, dan
molekul biologi aktif sebagai luaran data-dapat menghasilkan sistem
kendali logis dari proses-proses biologi. Mesin ini bahkan mampu
mengerjakan soal-soal matematika.
- Bidang Kriminalitas
Komputer
dapat digunakan untuk Crime analaisis Support system, yaitu sistem
pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat mempelajari fakta
dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan tepat, misalnya mendeteksi
pelanggaran lalu lintas, melakukan sidik jari, dan sebagainya.
Sistem komputer lain yang digunakan untuk bidang kriminalitas adalah :
·
PROMIS (Prosecutor-Offender management Information System), yang dapat
memberikan informasi mengenai masalah-masalah kriminalitas mana yang
paling penting dan dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti dari
tertuduh untuk dibawa ke pengadilan.
·
CATCH (Computer-Assisted Terminal Criminal Hunt), menyediakan informasi
mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-orang yang dicurigai dan
akan tampil di layer komputer.
·
MOTION (Metropolitan Orleans Total Information Online Network),
menyediakan informasi tentang orang-orang yang pernah terlibat kejahatan
berupa data pribadi, nama samaran, sidik jari, dan foto dari berbagai
sudut.
· ARJIS (Automated Reginal Justice Information System), menyediakan informasi sidik jari dan tingkah laku pelaku kriminal.
- Bidang Entertainment dan Games
Saat
ini komputer tidak saja digunakan pada bidang-bidang pekerjaaan dan
penelitaian saja. Namun banyak yang digunakan untuk bidang entertainment
dan permainan (games).
Bidang
entertainment misalnya untuk pembuatan animasi, periklanan, settting,
bahkan untuk bermain musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan
untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual
yang menarik dan memberikan special efect. Bahkan kita dapat bermain
dengan teman dalam satu komputer. Atau kita bermain dengan lawan dari
komputer itu sendiri, misalnya bermain catur dan kartu.
- Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)
Dengan
adanya komunikasi jaringan global pada komputer yang biasa disebut
dengan internet (inter networking) saat ini, rasanya manusia yang
menggunakan internet seolah bisa “menggengam dunia”. Segala sesuatu yang
dibutuhkan tersedia pada internet baik yang gratis maupun membayar.
Dengan internet manusia bisa melakukan komunikasi data teks, gambar,
video, suara, bahkan komunikasi audiovisual secara langsung. Pengguna
internet bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan misalnya ;
informasi berita, sekolah, buku dan perpustakaan, kencan dan perjodohan,
belanja atau pembayaran on-line, chatting, memutar radio, video, musik,
bermain games,saling menukar informasi dan data (mail), konsultasi dan
Tanya jawab, pooling, periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain
dari jarak jauh, pesan kamar hotel, tiket pesawat, dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar